PERMAINAN BOLA TERBARU

Telah Lahir di Indonesia Permainan Bola Terbaru Bernama "Slang Sling Ball",
simak selengkapnya di www.slang-sling-ball.blogspot.com

Rabu, 10 November 2010

AKUPUNTUR

Akupuntur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, "jarum" (k benda), dan pungere, "tusuk" (k kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhēn jiǔ (針灸 arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik ini di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) [1]. Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupuntur (Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik) dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia.

Teori Akupuntur

Teori akupuntur yang berasal dari Pengobatan/Obat-obatan tradisional Tiongkok tidak melalui penggunaan metode ilmiah, dan mendapat berbagai kritik berdasarkan pemikiran ilmiah. Tidak ada basis anatomis atau histologis yang secara fisik bisa diverifikasi tentang keberadaan titik akupunktur atau meridian (akupunktur).

Manfaat Akupuntur

Apakah akupuntur benar-benar mujarab atau sekedar placebo, hal ini masih menjadi bahan riset ilmiah. Ditinjau dari percobaan-percobaan klinis yang ada menurut protokol obat-obatan berdasarkan bukti; beberapa ilmuwan telah menemukan kemanjurannya untuk sakit kepala, sakit punggung bagian bawah dan nausea, tapi kebanyakan kondisi diakhiri dengan tidak cukupnya bukti yang memastikan apakah akupunktur benar-benar efektif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat untuk Obat-obatan Alternatif dan Komplementer Nasional (NCCAM) yang berada di bawah naungan Institut Kesehatan Nasional (NIH), Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan beberapa laporan resmi juga telah mempelajari serta memberi komentar tentang kemanjuran akupunktur. Terdapat persetujuan umum bahwa akupunktur adalah aman apabila dilakukan oleh praktisi yang terlatih, dan bahwa penelitian lebih jauh tentang akupunktur diperlukan. Dari beberapa kesaksian Praktisi Akupuntur banyak membantu dalam menuntaskan persoalan kesehatan secara phisik


Istilah Lain
Pengenalan Akupuntur. Akupuntur atau Acupunture berasal dari kata Latin yaitu ACUS berarti jarum dan PUNGERE berarti tusuk. Akupuntur atau Acupunture adalah sejenis terapi yang menggunakan teknik penusukan jarum-jarum halus pada titik tertentu di badan yang lebih dikenal sebagai ‘ acupunture point ‘.
Terapi Akupuntur telah digunakan oleh berbagai masyarakat kuno pada awal jaman seperti orang-orang Bunti Afrika, Arab Tigris, Mesir kuno, India dan China. Namun begitu, ahli-ahli terapi memberikan penghormatan mereka lebih kepada China. Hal ini kerana terapan Akupuntur ini telah lama dilakukan oleh penduduk di negeri China yaitu sejak 4000 tahun yang lalu hingga hari ini.
Sejarah juga ada membuktikan bahwa bangsa China merupakan bangsa pertama di dunia yang mencatatkan sejarah dalam perubatan Akupuntur. Hal ini terbukti apabila Maharaja China telah menulis dengan lengkap dalam bukunya yang bertajuk ‘ Huang ti The Yellow Emperor Canon of Medicine ‘yang dikarang pada tahun 2000 SM. Buku yang diterjemahkan masih berada dalam simpanan seorang penulis di Beijing, China.
Jenis Jenis Akupunr
Terapi Akupuntur, Akupunture, Akkupunture, Akupuncture, atau Acupunture berbeda sedikit di antara cara terapi masyarakat kuno China dengan terapi masa kini. Dahulu, masyarakat kuno China menggunakan batu – batu tajam, kayu dan tulang sebagai asas terapi untuk menekan dan menusuk pada bagian bagian tertentu. Tetapi kini, alat – alat terapi ini diganti dengan cara yang lebih modern yaitu penggunaan jaurm-jarum yang halus yang telah disterilkan atau disucihamakan. Jarum – jarum ini dibuat dari berbagai macam bahan logam seperti jarum silver atau jarum perak, jarum copper atau tembaga, dan jarum emas.
Jarum emas adalah jarum termahal di kalangan jarum – jarum halus. Jarum ini dipercayai dapat mengeluarkan tenaga ‘ Qi ‘ 100 kali lipat daripada jarum perak. Tenaga Qi adalah tenaga yang menggerakkan jasad kita. Jika pengaliran tenaga ini terganggu, maka badan kita akan berasa sakit.
Pada jarum-jarum halus tersebut, sudah tersedia energi magnetik yaitu kasiat obat terhadap jarum tersebut. Hal ini memberikan rasa seperti berdenyut – denyut, kebas, berat, apabila jarum – jarum tersebut ditusuk pada suatu titik tertentu di badan. Rasa yang kita alami ini dikenal sebagai ‘ Deqi ‘atau ‘Techi’ dan mengeluarkan arus elektrik melalui apa yang dinamakan sebagai koleteral, channel, atau meridian. Dalam hal ini,semua rasa kesakitan atau bisa dikeluarkan melalui kuasa Qi tersebut seterusnya membuat pasien sembuh dan menyembuhkan penyakit.
Praktisi pengobatan Akupuntur menyatakan bahwa terdapat 365 titik Akupuntur / Akupunture atau Acupuntre yang utama dan lebih 1000 titik Akupuntur istimewa pada tubuh manusia. Titik Akupuntur merefleksikan susuatu gangguan apabila sesuatu penyakit pada organ badan kita mewujudkan rasa sakit dan bengkak di tempat yang jauh daripada organ kita. Sebagai contoh, rasa sakit pada diafragma bisa menyebabkan rasa sakit di hujung bahu..
Praktisi Akupuntur juga menegaskan sebagian besar titik Akupuntur sejumlah 12 kumpulan utama di mana titik – titik ini digabungkan melalui Meridian. Meridian yang mempunyai 12 meridian utama mengalirkan Qi dari mulai dari, paru-paru, usus besar, perut, limfa, jantung, usus kecil, kandung kemih, organ ginjal, kandung empedu, san jiao dan hati. Dalam pada itu, jumlah titik-titik Akupuntur pada meridian adalah berbeda. Sebagai contoh meridian jantung mempunyai sembilan titik dan meridian kandung kemih mempunyai 67 titik.
Seorang peneliti terkemuka, menyatakan bahwa tekanan pada titik – titik tertentu adalah berkaitan dengan pola rasa nyeri dan apabila diberi sesuatu rangsangan yang singkat tetapi berpresisi tinggi pada titik itu melalui jarum halus hal ini dapat meredakan suatupenyakit. Selain itu, para ilmuan peneliti tentang Akupuntur atau Akupunktur atau Acupunture di Amerika Serikat menemukan bahwa otak kita mengeluarkan ‘ endorfin ‘ yang bisa meredakan suatu gangguan penyakit sewaktu menjalani terapi Akupuntur. Di kebanyakkan negara seperti Amerika Serikat, United Kingdom, dan Hong Kong di mana terdapat banyak pecandu narkoba jenis Heroin,mereka menggunakan cara terapi Akupuntur untuk meningkatkan kadar endorfin dalam badan. Hal ini karena kebanyakkan pecandu narkoba mempunyai kadar endorfin lebih rendah dalam tulang spinal mereka.
Pada tahun 1965, peneliti penyakit telah menemukan satu teori tentang adanya sejenis ‘ pintu ‘pada setiap saraf ujung . Pintu tersebut sentiasa tertutup dan tidak memberikan rangsangan sampai ke otak . Selain itu , pintu dalam saraf itu diawali oleh dua rangsangan secara berkesinambungan . Sebagian rangsangan berfungsi menutup pintu dan sebagian lagi rangsangan lain berfungsi untuk membuka pintu. Namun yang lebih utama adalah rangsangan untuk menutup pintu ujung syaraf dan hal ini menyebabkan ras sakit tidak terasa walaupun terjadi rangsangan. Namun begitu,terapi melalui Akupuntur bisa berfungsi untuk membuka dan menutup pintu dalam saraf secara signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar