PERMAINAN BOLA TERBARU

Telah Lahir di Indonesia Permainan Bola Terbaru Bernama "Slang Sling Ball",
simak selengkapnya di www.slang-sling-ball.blogspot.com

Rabu, 10 November 2010

Nyeri Punggung yang Tak Diketahui Penyebabnya

Penyebab nyeri punggung atas dapat berbagai macam. Penyebab yang paling sering terjadi biasanya berasal dari otot-otot punggung atau jaringan lunak sekitarnya (seperti tendon). Gangguan pada otot dan jaringan lunak tersebut dapat terjadi karena postur tubuh yang salah, otot punggung yang kurang kuat, gerakan repetitive atau berulang-ulang atau cidera (karena olahraga atau kecelakaan).

Penyebab nyeri pungung atas yang lainnya adalah terjadi karena herniasi diskus atau bantalan yang terletak diantara 2 tulang belakang, kemudian arthritis serta osteoporosis yang menyebabkan patah tulang belakang (biasanya terjadi pada waniat usia diatas 50 tahun).

Karena penyebab tersering biasanya masalah otot dan postur, maka pada Saudara Ade perlu dilihat posturnya dan kebiasaan yang sering dilakukan sehubungan dengan penggunaan otot punggung. Perlu dievaluasi bagaimana kebiasan sehari-hari, olahraga apa yang dilakukan, apakah ada skoliosis tulang belakang miring yang menyebabkan otot punggung tidak balance.

Jika penyebabnya adalah otot, maka berbagai tatalaksana dapat dilakukan. Jika kondisi nyeri sekali dapat diberi obat anti nyeri dan pelemas otot. Kemudian jenis tatalaksana rehabilitasi medis yang lain adalah penggunaan modaliats panas atau dingin, laser terapi, massage otot.

Jika nyeri sudah dapat berkurang, sebaiknya mulai dilakukan latihan untuk memperbaiki fungsi otot yang tidak baik. Latihan pada otot yang lemah bertujuan untuk memperkuat otot tersebut dan sebaliknya latihan pada otot yang tegang dilakukan peregangan. Latihan ini bersifat long term dan merupakan kunci keberhasilan tatalaksana pada problem nyeri otot punngung yang berasal dari otot.

Dr. Fanny Aliwarga, SpRM
Kepala Unit Rehabilitasi Medik Eka Hospital BSD City, Tangerang. Alamat: Central Business District Lot IX BSD City Tangerang 15321. Telepon: 021-256 555 55. www.ekahospital.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar