PERMAINAN BOLA TERBARU

Telah Lahir di Indonesia Permainan Bola Terbaru Bernama "Slang Sling Ball",
simak selengkapnya di www.slang-sling-ball.blogspot.com

Rabu, 10 November 2010

Ayah dan Nenek Diabetes, Bagaimana Risiko si Anak?

Diabetes adalah salah satu contoh penyakit dalam kategori multifactorial disorder, dimana lebih dari satu faktor berperan dalam timbulnya penyakit, yaitu faktor-faktor genetik, lingkungan dan pola hidup.

Dalam ilmu genetik, penyakit diabetes dimasukkan dalam kategori complex trait. Artinya, terdapat banyak gen yang saling berinteraksi dan memiliki peran serta pengaruhnya masing-masing dalam menimbulkan diabetes. Tambahan lagi, terdapat kecenderungan bahwa kelompok manusia dalam etnis yang berbeda juga memiliki gen-gen yang berbeda yang bertanggung jawab terhadap timbulnya penyakit diabetes.

Dengan demikian, benar bahwa anak penderita diabetes juga memiliki risiko menderita diabetes. Namun tidak dapat dikatakan bahwa pasti menderita diabetes dan sangat sulit diperkirakan besaran risikonya secara matematis.

Dalam diabetes (khususnya yang tipe 2 dimana saya asumsikan yang menurun dalam keluarga Ibu Nurul), faktor pola hidup memainkan peran yang besar, terutama dalam mencegahnya.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD
Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar